Sapardi Djoko Damono.

I really adore this man.

Pertama kali saya baca karya dari Sapardi Djoko Damono itu waktu saya SD.

Tahu dari iseng-iseng ngudak-ngudak perpustakaan sekolah karena harus buat tugas mengenai puisi atau karangan Indonesia. Biasalah anak SD, kalau bikin tugas harus sok jadi yang paling keren kaan, jadilah saya memilih untuk mengulas kumpulan puisi dari sang penulis keren banget ini. Padahal waktu itu bingung-bingung baca puisi-puisinya yang menurut saya keren tapi apa ya artinya?

Puisi keren yang saya bingung artinya itu adalah tak lain tak bukan, the famous ‘Aku Ingin’

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu
kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiada

Akhirnya dengan kesotoyan, jadilah tugas itu dengan baik dan selamat sentosa.

Tapi, saya jadi kepikiran terus dengan si Bapak Damono ini.

Keliling-keliling ke Gramedialah akhirnya anak SD kelas 4 ini mencari karya-karya lainnya. Susah amat ternyata. Selain karena masih bocah dan ngga dianggep serius sama mas-mas dan mba-mba Gramedianya, memang kumpulan puisinya Bapak Damono ini agak jarang ada. Karena ngga ketemu yang dicari, akhirnya pulanglah dengan sedih hati dari Bintaro Plaza ke rumah.

Suatu hari, waktu lagi main di rumah salah satu sahabat saya yang paling lama, Sekar Puti, waktu lagi ngudak-ngudak koleksi buku bapaknya, muncullah kumpulan puisi-puisi sastrawan Indonesia yang diterbitkan oleh Kompas, disitu banyaak puisi-puisi Bapak Damono! Whoaaa, langsung semangat baca-baca-baca.

Karyanya yang saya temukan dimulai pada tahun 1969, berjudul ‘Duka-Mu Abadi’ dan sampai sekarang sudah puluhan, ratusan karyanya yang pasti sering kalian-kalian dengar/ baca tapi ngga tahu kalau itu karyanya si Bapak Damono.

Karya-karyanya juga banyak yang dimusikalisasikan. Termasuk karya-karya terkenalnya. Sebenarnya saya mau kasih link downloadnya sih, tapi saya lagi pelit ah..hahay..

Karya favoritnya itu menurut saya adalah ‘Pada Suatu Hari Nanti’, beuhh, bisa gila rasanya kalau sajak itu dibaca sungguh-sungguh.

pada suatu hari nanti
jasadku tak akan ada lagi
tapi dalam bait-bait sajak ini
kau takkan kurelakan sendiri

pada suatu hari nanti
suaraku tak terdengar lagi
tapi di antara larik-larik sajak ini
kau akan tetap kusiasati

pada suatu hari nanti
impianku pun tak dikenal lagi
namun di sela-sela huruf sajak ini
kau takkan letih-letihnya kucari

Ah, terlalu banyak deh karya oke dari Pak Damono yang akan bikin blog ini penuh kalau ditulis semuanya. Pokoknya all hail deh buat Mr. Sapardi Djoko Damono! Ngefans ngefans ngefans!

PS: masih ada wishlist yang belom kesampean nih. Beliin saya ‘Suddenly the Night: The Poetry of Sapardi Djoko Damono’ dong. Pengennn😉

June 17, 2010.

5 thoughts on “Sapardi Djoko Damono.

  1. hi jess… ternyaTa u like pOetry ya N write prettY much.. hihihi… i like poeTry but nOt much,,, just like tO read N try to fIgure out the meaning of… oh iya, biasanya sih,, a girl like u ,, must have some poetry too.. write by ur self.. coz i know some of my friend Did, n n someone special in my past always give me too..soo… i think u have some , coz u write preety much, right….hihihi..oh iya Ps tuh pesan ya… atau inisail…. ups.. inisial…hihi if PS tuh pesan… so i can try to searchin for ya…. ouw… depend on my luck n how bad u want it…hiiihi… ouw im not promise but i will try if its rare one. ( cant wait for hunt " hunter mode on ")… c",)

    Like

  2. pada suatu hari nantijasadku tak akan ada lagitapi dalam bait-bait sajak inikau takkan kurelakan sendiripada suatu hari nantisuaraku tak terdengar lagitapi di antara larik-larik sajak inikau akan tetap kusiasatipada suatu hari nantiimpianku pun tak dikenal laginamun di sela-sela huruf sajak inikau takkan letih-letihnya kucari… c",)"

    Like

Anything in minds?

