Imlek di Petak Sembilan, Jakarta

Imlek tahun ini, saya dan beberapa teman penasaran dan ingin melihat keseruan apa aja sih yang sebenarnya terjadi di saat Imlek. Karena saya tinggal di Jakarta, pergilah saya ke pusat dari keramaian Imlek, yaitu di Petak Sembilan, kawasan Pecinan.

Rencananya jelas, berkunjung ke Vihara Dharma Bhakti. Vihara ini adalah salah satu kuil tertua dan salah satu yang paling terkenal di Jakarta.

Pagi-pagi saya sudah berangkat (karena tanggal merah jadi libur, yay!) dan sekitar jam 08:00 saya sudah sampai di area Glodok. Karena naik Trans Jakarta, jadi saya turun di Halte Glodok lalu lanjut jalan kaki deh.

Karena ngga tau viharanya dimana, jadi modal tanya-tanya orang sambil following the crowd yang hampir pasti tujuannya sama dengan rombongan saya.

Setelah jalan 10 menitan, sampai deh di Vihara Dharma Bhakti. Ramaiii sekali dari pedagang asongan, peminta-minta (karena mereka juga mengharapkan angpao dari pengunjung vihara), orang-orang yang akan beribadah, para fotografer yang mau capturing moment acara di vihara ini sampai dengan orang-orang yang hanya berkunjung alias berwisata untuk mengenal lebih dekat budaya masyarakat Cina di Indonesia.

Menyenangkan sekali melihat arsitektur vihara yang cantik, khusyuknya masyarakat beribadah dan betapa masyarakat berbaur tanpa kecuali merayakan Imlek.

Oh iya, untuk yang mau foto-foto dan masuk ke dalam vihara, sebaiknya siapkan masker/ sapu tangan/ apapun yang bisa membantu bernafas lebih baik karena di dalam kuil sangat sangat berasap (karena asap hio yang dibakar untuk beribadah). Bawa obat tetes mata juga yah karena mata perihh kalau terlalu lama di dalam, kecuali mau bawa goggles atau kacamata renang supaya asapnya ngga masuk ke mata *wink.

Ini hasil jeprat-jepret saya oleh-oleh Imlek 2013 buat inspirasi atau buat racun kali-kali kalian mau juga berkunjung ke Petak Sembilan di saat Imlek.

One thought on “Imlek di Petak Sembilan, Jakarta

Anything in minds?

