1 Hari Kelilingan: Old Town & China Town, Jakarta

Kota Tua dan Pecinan.

Tempat-tempat yang penuh dengan sejarah dan budaya Jakarta somehow berkumpul di daerah ini. Mulai dari museum, tempat ibadah sampai restoran dan toko-toko yang sudah berdiri dari jaman dahulu kala yang punya sejarah menyenangkan untuk diceritakan.

Setiap gedung yang dilewati juga seperti punya ceritanya masing-masing dari masa lampau yang bisa membawa kita seperti kembali ke masa kolonial ataupun seperti mengajak kita merasakan aura pecinan yang meriah.

09:00

Sampai Kota Tua! Mulai kelilingan itu biasanya dari Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang lalu ke Museum Fatahillah alias Museum Sejarah Jakarta. Masuk semua museum-museum ini ngga mahal kok, malahan murah banget (sekitar Rp 2k-5k per orang).

11:30

Leyeh-leyeh di depan Museum Fatahillah sambil foto-foto atau sewa sepeda ontel dan atributnya sambil foto-foto centil nostalgia jadi none dan kompeni Belanda.

12:00

Untuk makan siang, di sekitar Museum Fatahillah banyak gerobak makanan macem-macem. Mie ayam, somay, nasi goreng, nasi gila, dll dll.

Tapi kalau jalan-jalan kesininya bawa budget lebih, boleh lho nyobain the infamous Café Batavia. Café ini dibuka tahun 1993 tapi yaa bangunannya udah ada dari tahun 1850an. Makanya dekorasinya seru banget untuk dilihat dan makanan yang disajikan juga enaaaak.

Atau yaa bisa juga makan di kios gerobak lalu beli jus di Café Batavia demi minum yang seger-seger plus kena ac plus foto dengan interior yang super seru (Jangan lupa ngintip kamar mandinya yang penuh artwork juga).

13:30

Lanjuut jalan ke arah belakang yaa! Sekarang jalan lewat gedung-gedung tua dan juga lewat sungai (yang suka ada anak-anak berenang) menuju ke Jembatan Kota Intan.

Jalan lurussss lagi ke arah Sunda Kelapa, sepanjang jalan masih bangunan-bangunan tua yang sesekali diselingi dengan rumah-rumah penduduk.

Di ujungnya, akan ketemu Gedung VOC dan juga Museum Bahari. Gedung VOC sepertinya sekarang sudah jadi restoran dan bisa disewa untuk acara. Museum Bahari, is a one big museum complex sebenarnya.. tapi sayang banget di beberapa bagian museum ini seperti ngga keurus jadi beberapa bagiannya bernuansa gelap-gelap gitu. But, di ujung yang lain kelihatan ada renovasi-renovasi yang lagi dikerjakan – jadi mungkin bertahap akan dirapiin ya museum ini.

15:30

Terusinnn jalannya nanti bakal ketemu sama yang namanya Pecinan alias China Town alias Petak Sembilan. Kalau sudah sampai sini, berarti sudah sampai di Glodok – sekalian kalau mau beli-beli elektronik, dll (belanjaaa!).

Nah, di Pecinan ini tadinya ada vihara bagus banget yang bisa dikunjungi namanya Vihara Dharma Bhakti. Tapi, di awal tahun 2015 vihara ini terbakar dan sampai sekarang masih belum buka lagi Lagi😦

Pecinan ini penuh dengan Gang-gang (Gang Mangga, Gang Gloria, dll) yang di masing-masingnya penuh toko untuk beli pernak-pernik khas Cina (dann, jualannya akan makin banyak & heboh kalau udah dekat sama Imlek – pernak-pernik, pajangan, dll), toko obat dari sinse-sinse, toko-toko herbal sampai ke makanan-makanan segala rupa. Makanannya juga beraneka ragam, dari makanan berat, kue-kue sampai permen-permen – dari makanan yang normal sampai yang kurang normal (!: di Pecinan banyak tempat makan yang menggunakan babi – jadi untuk yang ngga mengkonsumsi ditanya dulu yahh kandungan makanannya).

Eits, jangan lupa juga di area sini ada Asemka yang penuh dan lengkap dengan toko-toko mainan, pernak-pernik, souvenir pernikahan, souvenir ulang tahun yang harganya unbelievably murah (ada aja deh yang mau dibeli kalau kesini).

Jam 18:00 harusnya sih kelilingnya sudah selesai yaa – tinggal sampai rumah selonjoran – kaki naik ke tembok biar pegel-pegel sisa jalan hari ini ilang (itung-itung olah raga kan? *wink).

Today's Wisdom - Old Town

Ini mapnya yaa biar ngga bingung sama yang gw omongin tadi:

Anything in minds?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s